Download 10 PKPU 2015 Peraturan Pilkada

Akhirnya melalui website KPU-RI merilis 10 PKPU 2015 terkait Peraturan Pilkada yang telah disahkan. Akhir penantian panjang para kandidat bakal calon Gubernur, Bupati dan Walikota yang akan berkompetisi memenangkan hati masyarakat untuk dapat membangun daerahnya masing-masing terjawab sudah.
Download 10 PKPU 2015  Peraturan Pilkada foto: edited tubasmedia.com

Adapun peraturan yang dapat di download dari 10 PKPU 2015  Peraturan Pilkada tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Peraturan KomisiPemilihan Umum No2 Tahun 2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan PemilihanGubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota danWakil Walikota (Tahapan Pilkada )
  2. Peraturan KomisiPemilihan Umum No3 Tahun 2015tentang Tata Kerja KPU Prov/KIPAceh, KPUD/KIP Kab/Kota, Pembentukandan tata Kerja PPK, PPS dan KPPS
  3. Peraturan KomisiPemilihan Umum No4 Tahun 2015tentang Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur danWakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota
  4. PeraturanKomisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Sosialisasi Dan PartisipasiMasyarakat Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan WakilBupati, Dan/Atau Walikota Dan Wakil Walikota.
  5. PeraturanKomisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Norma, Standar, Prosedur,Kebutuhan Pengadaan Dan Pendistribusian Perlengkapan Penyelenggaraan PemilihanGubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati Dan/Atau Walikota DanWakil Walikota.
  6. PeraturanKomisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2015 Tentang Kampanye Pemilihan GubernurDan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati Dan/Atau Walikota Dan WakilWalikota.
  7. PeraturanKomisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Dana Kampanye PesertaPemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/AtauWalikota Dan Wakil Walikota.
  8. PeraturanKomisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pencalonan Pemilihan GubernurDan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota Dan WakilWalikota.
  9. PeraturanKomisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Pemungutan Dan PenghitunganSuara Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/AtauWalikota Dan Wakil Walikota Di Tempat Pemungutan Suara.
  10. PeraturanKomisi Pemilihan Umum Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Rekapitulasi HasilPenghitungan Suara Dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur,Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota Dan Wakil Walikota.
Semoga melalui peraturan ini kita dapat memahami pola penyelenggaraan pilkada. Calon yang berhasil adalah calon yang memahami aturan permainan. Dan aturan permainan juga bertingkat, jika memang aturan yang ada menganut prinsip yang adil tentu kita dapat naik ke aturan yang diatasnya. Tidak heran jika peraturan KPU 2015 berlarut-larut dalam pembahasannya. Mulai dari hanya 3 PKPU yang muncul terlebih dahulu dari 10 PKPU yang telah dibahas hingga 10 PKPU 2015 yang telah disahkan menjadi tanda tanya karena rencana revisi UU pilkada. Terkait pilkada tentu PKPU diatas tidak boleh bertentangan dengan UU pilkada yaitu UU no 1 Tahun 2015 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 8 Tahun 2015. Demikian juga UU pilkada tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945 sebagai konstitusi NKRI.

Jika PKPU bertentangan dengan UU Pilkada tentu saluran kita untuk menyampaikan kebenaran melalui Mahkamah Agung. dan jika UU pilkadanya yang bertentangan dengan UUD 1945 saluran untuk menyampaikan kebenarannya adalah Mahkamah Konstitusi, sebagaimana saat ini sedang dilakukan oleh saya selaku pemohon uji formil dan materil UU no 8 Tahun 2015.

Semoga dengan tegaknya peraturan perundang-undangan berkaitan denga Pilkada akan menghasilkan pemimpin daerah, kepala daerah baik gubernur, bupati dan wailkota yang benar-benar berpihak kepada negara, daerah dan masyarakatnya.
Share on Google Plus

About Afdoli ApMsi

Bukan Siapa-siapa, Bisa Jadi Siapa Saja, Untuk Siapa Saja. Simalungun BangKIT (berkemBang dengan Kreatif penuh Inovatif menjadi Terbaik) menuju Indonesia Baru Afdol melalui Cara Indonesia Bangkit dengan Sahabat Indonesia berubah. contact : Sosmed Indonesia afdoli
Komentar facebook
0 Komentar blog

0 komentar :

Posting Komentar