Jadwal Pemilu serentak Nasional dan Daerah seutuhnya

Posisi dilematis Pemerintah dalam penyelenggaraan pilkada tergambar dalam persoalan Pilkada Serentak di Bawah Bayang-Bayang Penundaan. Pemilukada sebagai pemilu serantak daerah terjebak dalam dilematis antara penundaan dan kegagalan. Penundaan berujung pada kredibilitas pemerintah yang dipertanyakan, sedangkan kegagalan berujung pada jatuhnya kredibilitas pemerintah. Kegagalan pilkada serentak karena pengabaian Untuk itu perlu pemahaman kita terhadap jadwal Pemilu serentak Nasional dan Daerah seutuhnya sehingga kita dapat melihat titik temunya. Pilkada dapat berjalan dengan sesuai jadwal, dan mudah-mudahan berbagai kepentingan dalam pilkada dapat terakomodir dan berjalan secara demokratis.
Jadwal Pemilu serentak Nasional dan Daerah seutuhnya

Bahwa sebelumnya perlu kita ketahui bahwa beradasrakan keputusan MK pada Tahun 2014 membawa implikasi bahwa kita akan mengenal 2 pemilu yakni pemilu nasional dan pemilu daerah. pemilu nasional dan pemilu daerah sama-sama dilaksanakan secara serentak. Pemilu Nasional secara serentak menggabungkan pemilihan legislative dan Presiden dan wakil Presiden. Sedangkan pemilu daerah secara serentak dilakukan dengan menggabungkan Pemilihan Gubernur, Bupati dan walikota di seluruh Indonesia secara bersamaan.

Seyogyanya Pemilu Nasional dan Pemilu Daerah harus selaras dan serasi sehingga menjadi satu kesatuan wujud demokratisasi yang lebih beradab. Pemilu Nasional danpemilu daerah sebagai satu kesatuan yang saling mengisi.

Namun menjadi pertanyaan, apakah kita telah memandang Pemilu serentak Nasional dan Daerah secara utuh? Untuk menjawab hal ini, mari kita lihat melalui jadwal Pemilu serentak Nasional dan Daerah seutuhnya berdasarkan peraturan yang ada. Melalui jadwal yang ada kita dapat juga menilai UU dibangun secara komprehensif atau hanya untuk memuaskan kepentingan sesaat yang setiap saat dapat berubah sesuai kepentingan dan kekuasaan yang ada.

Untuk melihat ini dapat kita gambarkan melalui jadwal Pemilu serentak Nasional dan Daerah seutuhnya sebagaimana tergambar dalam tulisan sebagai berikut :

Ketidakselarasan jadwal Pemilu serentak nasional dan daerah juga termasuk posita dalam uji formil UU Pilkada No 8 Tahun 2015 sebagaimana gugatan UU Pilkada di MK dengan register 46/PUU-XIII-2015.

Semoga melalui jadwal yang ditetapkan tersebut kita dapat belajar lebih mendalam tentang masa depan pemilu di negeri tercinta ini.
Share on Google Plus

About Afdoli ApMsi

Bukan Siapa-siapa, Bisa Jadi Siapa Saja, Untuk Siapa Saja. Simalungun BangKIT (berkemBang dengan Kreatif penuh Inovatif menjadi Terbaik) menuju Indonesia Baru Afdol melalui Cara Indonesia Bangkit dengan Sahabat Indonesia berubah. contact : Sosmed Indonesia afdoli
Komentar facebook
0 Komentar blog

0 komentar :

Posting Komentar