Pilkada Serentak di Bawah Bayang-Bayang Penundaan

Pilkada sudah disepakati akan dilaksanakan serentak di 9 Propinsi dan 169 Kabupaten/Kota pada tanggal 9 desember 2015. Namun melihat perjalanan Pilkada Serentak selalu di Bawah Bayang-Bayang Penundaan. Beraneka ragam alasan yang jadi alasan pilkada terus diwacanakan untuk di tunda. Adapun macam alasan pilkada serentak ditunda adalah sebagai berikut :
  1. Perjalanan Panjang lahirnya UU Pilkada
  2. Petunjuk Teknis Pilkada melalui PKPU diselesaikan hingga di Ujung Waktu
  3. 2 Partai Politik terancam gagal ikut Pilkada karena Konflik
  4. Persiapan Anggaran Yang Belum Siap
  5. KPU beri ancaman tenggat waktu Penyediaan Dana
  6. Bawaslu gantian Beri Batas Waktu Penyediaan Anggaran
  7. Kesiapan pengamanan Penyelenggaraan Pilkada
  8. Revisi kedua UU Pilkada membayangi Penundaan Pilkada
  9. Hasil Audit BPK terhadap KPU terkait Pemilu 2013 dan 2014
  10. Gugatan UU Pilkada di MK dapat meruntuhkan Dasar Pilkada serentak

Pilkada Serentak di Bawah Bayang-Bayang Penundaan

Secara lebih rinci alasan Pilkada Serentak di Bawah Bayang-Bayang Penundaan dapat dilihat pada masing-masing alasan tersebut.

Harus diakui bahwa pelaksanaan Pilkada serentak merupakan ujian atau tolok ukur kinerja Pemerintahan dibawah kepemimpinan Jokowi dan JK. Sebagian pihak menilai kredibilitas Jokowi akan jatuh jika Pilkada serentak tidak dapat berjalan sesuai jadwal. Namun jika melihat persiapan penyelenggaraan pilkada, sebagian pengamat menilai bahwa pilkada seharus ditunda hingga 3-6 bulan. Dalam arti dilaksanakan pada bulan Februari atau Juni 2016.

Memang posisi pemerintahan Jokowi dalam posisi dilematis terkait pilkada serentak ini. Jika Pilkada serentak tidak sesuai jadwal, maka akan dipertanyakan kredibilitasnya. Dan Jika Pilkada serentak gagal karena ketidaksiapan tentu juga akan menjatuhkan kredibilitas pemerintahan.

Terkait persoalan Pilkada Serentak di Bawah Bayang-Bayang Penundaan dapat kita perbaiki melalui jalan tengah. Jalan tengah yang dapat mengakomodir semua kepentingan dan pilkada dapat serentak dapat berjalan sesuai jadwalnya. Kredibilitas Pemerintah juga dapat terselematkan melalui memahami jadwal Pemilu serentak Nasional dan Daerah seutuhnya

Semoga melalui Pilkada Serentak di Bawah Bayang-Bayang Penundaan yang dapat diselesaikan melalui penggambaran jadwal pelaksanaan Pemilu serentak nasional dan daerah menjadi pelajaran bagi Bangsa Indonesia sebagai Negara yang lebih maju. Dengan semangat Indonesia berubah dan bangkit dapat membawa kita menuju Indonesia baru yang afdol.
Share on Google Plus

About Afdoli ApMsi

Bukan Siapa-siapa, Bisa Jadi Siapa Saja, Untuk Siapa Saja. Simalungun BangKIT (berkemBang dengan Kreatif penuh Inovatif menjadi Terbaik) menuju Indonesia Baru Afdol melalui Cara Indonesia Bangkit dengan Sahabat Indonesia berubah. contact : Sosmed Indonesia afdoli
Komentar facebook
0 Komentar blog

0 komentar :

Posting Komentar